Selasa, 30 Desember 2014

Manfaat Telematika dalam Industri Kreatif


Hai! sudah jelas kan dengan judul postingan kali ini? Sudah dong pastinya! :D
Nah sebelum kita masuk ke materi alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan Informatika dan Telekomunikasi serta Industri Kreatif. Karena jikalau kita tidak kenal maka tak sayang dengan mereka berdua kan? :)


Telematika (Telekomunikasi dan Informatika) adalah Integrasi antara Telekomunikasi dan Informatika yang dikenal sebagai Telematika atau ICT (Information and Communications Technology) yang berkenaan dengan Pengiriman,Penerimaan dan Penyimpanan Informasi dengan menggunakan media Peralatan Komunikasi. Kadang Telematika berhubungan dengan GPS dan SATELIT serta INTERNET :)


Industri Kreatif adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut, atau lebih gampangnya "usaha yang tidak hanya berpokok pada jual beli tapi juga mengandalkan kreativitas pengusahanya"

Nah, kalian sudah mengertikan arti dari kedua kata tersebut? Sekarang pasti di kepala kalian banyak pertanyaan yang muncul seperti..
"loh kan telematika berhubungan sama komputer dsb, kok bisa nyambung ke industri kreatif?"
"emang ada hubungannya ya antara telematika sama industri kreatif?'

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, kita perlu tahu bahwa Industri Kreatif mempunyai sub sektor yang ditetapkan oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia, yaitu:
1. Arsitektur : "Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan bangunan, seperti jasa desain bangunan dsb."
2. Desain : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan desain, seperti desain grafis,interior,produk dll."
3. Fesyen : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan kreasi desain pakaian"
4. Kerajinan : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan kreasi,produksi,dan distribusi produk yang dilakukan oleh pengrajin"
5. Penerbitan dan Percetakan : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan penulisan dan penerbitan karya tulis, seperti buku,jurnal,koran,majalah dsb."
6. Televisi dan Radio : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan usaha kreasi,produksi dan pengemasan acara tv, seperti games,reality show dsb."
7. Musik : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan komposisi, pertunjukan, distribusi musik"
8. Film Video dan Fotografi : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan kreasi video dan film serta jasa fotografi dan pendistribusiannya.
9. Periklanan : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan periklanan
10. Layanan Komputer dan Piranti Lunak : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi, seperti jasa layanan komputer, pengolahan data dsb"
11. Pasar dan Barang Seni : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan penjualan barang-barang seni"
12.Seni Pertunjukan : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pengembangan pertunjukan, seperti : teater"
13. Riset dan Pengembangan : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pengembangan ilmu teknologi termasuk ilmu humaniora"
14. Permainan Interaktif : "Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pengembangan permainan dan video yang bersifat menghibur"

Oke, diatas adalah sub sektor industri kreatif, setelah kita simak ternyata Industri Kreatif tidak hanya mencakup pada prakarya saja tetapi juga banyak hal termasuk Riset dan Pengembangan! *-*
Tentu karena hal ini telematika sangat penting dalam Industri Kreatif, berikut akan aku jabarkan tentang peran telematika dalam Industri Kreatif di bawah ini:

1. Arsitektur : Pencarian bahan-bahan bangunan menjadi lebih mudah dikarenakan Komunikasi yang bisa mencakup luar pulau dan juga dapat menyimpan data tentang suatu bangunan dalam database yang ada
2. Desain : Pencarian ide melalui media komunikasi seperti Internet dan juga sebagai sarana promosi jasa desain
3. Fesyen : Sebagai media promosi produk dan juga dapat mendapat ide tentang trend fesyen yang terkenal di seluruh dunia melalui media internet
4. Kerajinan : Media promosi hasil kerajinan dan pencarian ide
5. Penerbitan dan Percetakan : Adanya E-book sehingga mempermudah konsumen untuk membaca karya tulis tanpa perlu beranjak dari rumah
6. Televisi dan Radio : Adanya TV dan Radio streaming sehingga dimana saja dan kapanpun dapat melihat acara favorit tanpa terkendala Hardware dan juga sebagai media interaktif antara Host dan Pemirsa di suatu Acara TV atau Radio
7. Musik : Mempermudah pengiriman lagu kepada studio rekaman, adanya Music Streaming di internet dan juga sarana mempromosikan lagu
8. Film Video dan Fotografi : Mempermudah pengiriman hasil fotografi maupun video
9. Periklanan : Memperluas Channel, jadi tidak hanya berada di Acara TV saja namun juga bisa di Internet
10. Layanan Komputer dan Piranti Lunak : Mempermudah pengiriman software (Piranti Lunak) dengan metode Download dan juga sebagai media Promosi
11. Pasar dan Barang Seni : Sebagai media promosi dan tempat bertemunya antar penjual dan pembeli karya seni tanpa perlu bertatap muka
12. Seni Pertunjukan : Menonton seni pertunjukan tak perlu melihat secara langsung, tapi bisa juga menggunakan fitur Streaming, sehingga tidak akan terkendala pada suatu Acara yang menghambat kalian menonton seni teater :D
13.Riset dan Pengembangan : Adanya survey dan riset online di internet yang mempermudah pengembangan suatu ilmu pengetahuan dan teknologi
14. Permainan Interaktif : Sebagai media promosi suatu permainan


Yah, itu saja yang dapat aku sampaikan, semoga ilmu yang aku kasih berguna untuk kalian! Tetaplah berusaha dan kejar cita-cita kalian! Terimakasih :)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.